Pemkab Serang Segera Wujudkan Implementasi Smart City

Kamis, September 05, 2024
Kamis, 05 September 2024

SERANG, KepoinAja79.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang segera mewujudkan implementasi Smart City (Kota Cerdas) untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Serang.

Hal itu didasari dengan manfaatkan dokumen Smart City yang telah disusun dengan berbagai pemikiran perencanaan yang komprehensif, kolaboratif, partispatif, inovatif dan matang.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto saat penutupan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Smart City Kabupaten Serang yang digelar Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Diskominfosatik Kabupaten Serang, di Aula Tb Suwandi, Rabu, 04 September 2024.

“Melalui progam (Enam Dimensi Smart City-red) harus bekerja sama untuk mewujudkan visi tersebut demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Serang dengan implementasi Smart City,” ujarnya.

Menurut Rudy, kerja keras gotong royong dan komitmen kuat terlihat dalam penyusunan dokumen Smart City yang disesuaikan dengan kearifan lokal, serta memanfaatkan segala potensi unggulan yang dimiliki.

Oleh karenanya, kata dia, sangat penting memanfaatkan dokumen Smart City yang telah disusun dengan berbagi pemikiran perencanaan yang komprehensif, kolaboratif, partispatif, inovatif dan matang. 

“Jangan biarkan dokumen ini hanya menjadi sekedar arsip tanpa implementasi nyata, terutama program quick win yang telah dirumuskan bersama,” katanya. 

Ia menjelaskan, program quick win yang telah dirumuskan meliputi, Aplikasi Serang Tatu (Kabupaten Serang Terlayani satu pintu), Aplikasi Sikonde (Sistem konektivitas desa wisata), Program Penataan sentral perikanan di Kabupaten Serang dengan konsep One Village on Product.

Kemudian Program Transformer (Transportasi ramah aman dan selamat untuk Pegawai Pemda Kabupaten Serang, Program Pojok dolan, dan Program pesan ibu (Pengelolaan sampah yang inovatif, bermanfaat dan unggul).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Haerofiatna menambahkan, sejuah ini para Kepala OPD hadir menandatangani komitmen bersama dalam rangka melaksanakan program Smart City ke depan.

Untuk saat ini, kata dia, masih dalam tahapan kajian penyusunan masterplan yang nanti setelah disusun diserahkan kepada Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, yang mudah-mudahan secara bertahap, karena berkaitan dengan anggaran.

“Kita cari anggaran yang murah sesuai dengan quick win, percepatan sesuai dengan masterplan,” ujarnya.

Sebab, kata Haero, inovasi tidak harus dengan biaya tinggi. Inovasi ini bukan membeli sesuatu hal.

“Tetapi menciptakan keterbaruan inovasi itu, dengan yang memang kalau bisa tanpa biaya,” katanya.

Haero menjelaskan, Smart City Kabupaten Serang terdapat enam dimensi, meliputi Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Enam dimensi tersebut, kata dia, dilakukan dengan jangka pendek sebagai contoh Aplikasi Serang Tatu Smart government sudah ada. Kemudian Aplikasi Sikonde, Program Penataan sentral perikanan di Kabupaten Serang dengan konsep One Village on Product.

“Jadi tinggal menjalankan saja. Mudah-mudahan lima sampai 10 tahun bisa selesai, karena tidak mudah membangun Smart City,” tuturnya.

Turut hadir, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum. Sedangkan sebagai narasumber dari Kementerian Kominfo RI, yakni Tenaga Ahli Kemenkominfo RI, Harya Damar Widiputra; Muhamad Iqbal Suriansyah, dan Achmad Tsani Fahdian. Sedangkan Perwakilan dari Kemenkominfo RI, yakni Yuki Deli Azzolla Malau; dan Friscila Debora Sinaga.

Penutupan Bimtek tersebut juga dilakukan penandatangan komitmen bersama guna mewujudkan Smart City Pemkab Serang oleh Pj Sekda dan para Kepala OPD Kabupaten Serang. (*/red)

Thanks for reading Pemkab Serang Segera Wujudkan Implementasi Smart City | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pemkab Serang Segera Wujudkan Implementasi Smart City

Posting Komentar