Jaga Eksistensi, Anies Dinilai Punya Modal Politik untuk Bikin Partai

Senin, September 02, 2024
Senin, 02 September 2024
Anies Baswedan. 

JAKARTA, KepoinAja79.Com – Anies Baswedan dinilai memiliki modal politik untuk mendirikan partai. Anies pun telah mengungkapkan niatnya mendirikan Partai Politik (Parpol) setelah batal diusung menjadi Calon Kepala Daerah oleh Parpol manapun pada Pilkada Serentak 2024. 

Demikian seperti dikatakan Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno kepada wartawan, Minggu, 01 September 2024.

“Karena Anies saya kira punya modal politik untuk mendirikan partai baru, terutama dari segi ketokohan, saya kira anies ketokohannya sudah mulai diakui di level nasional,” ujar Adi.

Selain modal politik, kata Adi, Anies juga dinilai memiliki basis massa yang bisa dikapitalisasi untuk membesarkan partai baru yang ia dirikan. Banyak jejaring pendukung Anies, merupakan kelompok muslim perkotaan yang selama ini loyal memilihnya.

“Saya kira dua hal itu yang bisa dimaksimalkan Anies untuk bikin Parpol baru dan Anies akan diapresiasi dan dinilai memberikan contoh yang baik kalau bikin Parpol baru,” kata Adi.

Menurut Adi, Anies akan dipandang sebagai sosok yang sejajar dengan tokoh-tokoh politik seperti Wiranto yang mendirikan Hanura, Prabowo Subianto yang mendirikan Gerindra, Surya Paloh yang mendirikan Nasdem setelah mereka keluar dari Partai Golkar.

Kemudian, lanjutnya, Amien Rais yang mendirikan Partai Umat setelah didepan dari PAN dan Fahri Hamzah yang mendirikan Partai Gelora setelah dipecat PKS.

“Saya kira publik menunggu Anies bikin Parpol baru, terutama untuk menjaga eksistensi politik Anies di lima tahun yang akan datang,” tuturnya.

Seperti diketahui, Anies membuka peluang mendirikan Parpol baru usai gagal mendapatkan tiket maju Pilkada Serentak 2024. Namun demikian, Anies belum bisa memastikan kapan rencana mendirikan Parpol baru itu akan diwujudkan. Dia meminta semua pihak bersabar.

“Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar, dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun Ormas atau membangun Partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh,” ujar Anies dalam siaran YouTube, Jumat, 30 Agustus 2024.

Menurut Anies, semua Parpol saat ini tersandera kekuasaan. Mereka tidak lagi berdaulat meski hanya sekadar mencalonkan sosok tertentu dalam kontestasi Pemilu. 

“Kemudian ada yang usul saya masuk Partai atau bikin Parpol. Nah gini, kalau masuk Partai, pertanyaannya, Partai mana yang sekarang tidak tersandera oleh kekuasaan. Jangankan masuk, mencalonkan saja terancam,” ucap Anies. (*/red)

Thanks for reading Jaga Eksistensi, Anies Dinilai Punya Modal Politik untuk Bikin Partai | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Jaga Eksistensi, Anies Dinilai Punya Modal Politik untuk Bikin Partai

Posting Komentar