Ini Alasan di Balik Pindahan ASN ke IKN Tertangguhkan

Rabu, September 04, 2024
Rabu, 04 September 2024
MenPAN-RB, Azwar Anas. 

JAKARTA, KepoinAja79.Com – Rencana Aparatur Sipil Negara (ASN) pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dikabarkan kembali tertangguhkan. Ada beberapa alasan batalnya ASN pindah ke IKN pada September 2024 ini.

Kabar batalnya ASN pindah ke IKN ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Azwar Anas. Ia awalnya menjelaskan, sebetulnya dari segi hunian, sudah ada beberapa yang siap menampung para ASN.

“Terkait perpindahan ASN ke IKN, sebenarnya di September ini telah siap beberapa hunian, yang ini siap untuk ASN pindah bertahap,” kata Azwar Anas kepada wartawan, Selasa, 03 September 2024.

Namun, kata Azwar, ada arahan terbaru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut, Jokowi meminta agar pemindahan ASN dilakukan setelah perkantoran hingga sistem digital disempurnakan.

“Namun arahan Pak Presiden ini perlu disempurnakan, perkantoran dan sistem digitalnya. Beliau ada arahan terbaru, tak mau terburu-buru, menunggu penyempurnaan infrastruktur digital dan lain-lain. Karena kalau ASN ke IKN bukan hanya soal pindah kantor, tapi berubah budaya digital. Jadi infrastruktur digital selesai dan lain-lain,” ucapnya.

Azwar Anas pun mengaku tak tahu kapan kepastian ASN pindah ke IKN. Ia menekankan untuk lebih dulu menunggu proses penyelesaian hunian hingga tuntas.

“Kita tunggu skemanya sambil menunggu penyelesaian secara tuntas hunian dan perkantoran. Kemarin Menteri PU dan Otorita menyampaikan ada keterlambatan karena cuaca sehingga bandara belum bisa dituntaskan,” ucapnya.

Azwar mengatakan, pihaknya juga menunggu arahan lebih lanjut dari Jokowi soal perpindahan ASN. Meski begitu, ia sudah menyiapkan skema perpindahan tersebut.

“Sekali lagi, September-Oktober ini mestinya sudah ada yang bisa pindah, tapi arahan Presiden, ini disempurnakan dulu sehingga nanti akan ada arahan dari perpindahan. Tapi KemenPAN sudah siapkan skema-skema perpindahan, termasuk jabatan yang akan pindah,” ucapnya.

“Kita lihat bisa saja Oktober atau September, masih nunggu Otorita IKN terkait persiapannya,” lanjutnya.

Azwar mengatakan, pihaknya juga menunggu arahan lebih lanjut dari Jokowi soal perpindahan ASN. Meski begitu, ia sudah menyiapkan skema perpindahan tersebut.

“Sekali lagi, September-Oktober ini mestinya sudah ada yang bisa pindah, tapi arahan Presiden, ini disempurnakan dulu sehingga nanti akan ada arahan dari perpindahan. Tapi KemenPAN sudah siapkan skema skema perpindahan, termasuk jabatan yang akan pindah,” ucapnya.

“Kita lihat bisa saja Oktober atau September masih nunggu Otorita IKN terkait persiapannya,” tutupnya. (*/red)

Thanks for reading Ini Alasan di Balik Pindahan ASN ke IKN Tertangguhkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Ini Alasan di Balik Pindahan ASN ke IKN Tertangguhkan

Posting Komentar