Tanamkan Nilai Integritas, FORPAK Banten Ajak Mahasiswa Baru Tumbuhkan Sikap Anti Korupsi

Senin, Agustus 19, 2024
Senin, 19 Agustus 2024

TANGERANG, KepoinAja79.Com – Ketua Forum Penyuluh Anti Korupsi yang juga Sekretaris Inspektorat Provinsi Banten, Ratu Syafitri Muhayati mengajak mahasiswa baru untuk tumbuhkan sikap anti korupsi dengan nilai-nilai integritas.

Kegiatan dilaksanakan pada Implementasi Upaya Pencegahan Korupsi di Lingkungan Perguruan Tinggi dalam Orientasi Studi Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Serang, di Hotel D'Prima, Jl Benteng Betawi No.88, Kota Tangerang, Minggu, 18 Agustus 2024.

Dalam paparan yang berjudul “Gen Z Bonus Demografi dan Menuju Masyarakat Anti Korupsi dan Berintegritas 2045”, menyinggung tentang tujuan berbangsa dan bernegara.

Mewujudkan cita-cita kemerdekaan, ‘melindungi segenap bangsa  Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum,  mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan  kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.’

Upaya itu, lanjutnya, berusaha diwujudkan dengan melaksanakan pembangunan. Namun dalam pelaksanaan pembangunan masih terjadi hambatan, yakni perilaku korupsi. Sehingga perlu dilaksanakan pemberantasan korupsi. Tujuannya menurunkan tingkat korupsi, meningkatnya efektivitas pencegahan dan pemberantasan korupsi, hingga terbangunnya integritas pemerintah, masyarakat, politik, dan swasta.

“Korupsi atau rasuah dari bahasa Latin: corruptio, dari kata kerja corrumpere, yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik, menyogok,” ucap Fitri.

“Tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak,” jelasnya.

Masih menurut Fitri, korupsi yang ditangani oleh aparat penegak hukum mirip fenomena gunung es. Demikian juga dengan perilaku koruptif.

Untuk pencegahan korupsi, lanjutnya, perlunya menumbuhkan nilai integritas pada individu. Sikap integritas, yakni kesatuan atau keselarasan antara pikiran, kata, perbuatan dan hati nurani. Integritas berpengaruh pada perilaku, sistem nilai, dan budaya masyarakat.   

Dalam kesempatan itu, Fitri juga contohkan beberapa perilaku dan sikap anti korupsi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Menurutnya, integritas individu bisa ditumbuhkan dengan sikap jujur, peduli, mandiri, disiplin, bertanggung jawab, bekerja keras, sederhana, serta adil. 

“Generasi Z sebagai calon pemimpin di masa mendatang, wajib memahami hambatan besar pembangunan Indonesia,” ucapnya.

“Menumbuhkan nilai-nilai integritas pada diri selain menumbuhkah sikap anti korupsi juga akan menopang keberhasilan di masa mendatang,” pungkas Fitri. (*/red)

Thanks for reading Tanamkan Nilai Integritas, FORPAK Banten Ajak Mahasiswa Baru Tumbuhkan Sikap Anti Korupsi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Tanamkan Nilai Integritas, FORPAK Banten Ajak Mahasiswa Baru Tumbuhkan Sikap Anti Korupsi

Posting Komentar