Pemprov Banten Gelar Penyuluhan Anti Korupsi di Sektor Pendidikan

Kamis, Agustus 01, 2024
Kamis, 01 Agustus 2024

SERANG, KepoinAja79.Com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Inspektorat Provinsi Banten bersama Forum Penyuluh Anti Korupsi (FORPAK) Banten menggelar Penyuluhan Anti Korupsi bagi Kepala Sekolah SMA, SMK, SKh dan PGRI se-Provinsi Banten, di Aula Inspektorat Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Rabu, 31 Juli 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Provinsi Banten, Usman Assidiqi Qohara mengatakan, kegiatan tersebut bagian upaya pihaknya dalam menggelorakan semangat anti korupsi, baik di sektor pendidikan maupun sektor lainnya.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap seluruh unsur yang ada di sekolah mampu menjaga nilai integritas,” ujar Usman.

Dengan menjaga nilai integrasi tersebut, kata Usman, diharapkan mampu menjadi kekuatan integritas yang tinggi di lingkungan sekolah. 

“Kalau kita ibaratkan, peserta didik itu adalah benih yang akan ditanam dan diharapkan dapat menghasilkan buah yang baik. Sehingga kita ingin ini bisa membentuk mentalitas anti korupsi,” katanya.

Dikatakannya, sekolah bukan hanya sebatas melakukan edukasi terkait keilmuan dasar, tetapi juga menanamkan nilai-nilai integritas. Terdiri dari Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, Adil dan Kerja Keras sebagai sembilan nilai anti korupsi.

“Untuk itu harus dibangun sejak dini, terutama di dunia pendidikan,” imbuhnya.

Usman juga mengatakan, kegiatan penyuluhan tersebut untuk menyamakan pemahaman dan perencanaan aksi untuk menjaga integritas di lingkungan sekolah.

“Penyuluhan ini diberikan pemahaman dan selanjutnya terdapat rencana aksi dari mereka untuk menjaga integritas di sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua FORPAK Banten, RT Syafitri Muhayati mengatakan, penyuluhan tersebut diikuti oleh para penyelenggara pendidikan di SMA, SMK, SKh dan PGRI di Provinsi Banten, dan diisi dengan sejumlah materi yang akan disampaikan oleh penyuluh anti korupsi.

“Harapannya, penyuluhan ini mampu membumikan nilai-nilai integritas di lingkungan sekolah, dan tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan nilai integritas kepada anak didik. Lantaran mereka adalah generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mendorong agar setiap sekolah terdapat minimal satu orang penyuluh anti korupsi. Sehingga mampu memberikan pemahaman terkait anti korupsi kepada peserta didik.

“Kita ingin satu sekolah satu penyuluh anti korupsi,” pungkasnya. (*/red)

Thanks for reading Pemprov Banten Gelar Penyuluhan Anti Korupsi di Sektor Pendidikan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pemprov Banten Gelar Penyuluhan Anti Korupsi di Sektor Pendidikan

Posting Komentar