Kaesang Pangarep Dipastikan Batal Maju di Pilkada 2024, Ini Info Lengkapnya

Minggu, Agustus 25, 2024
Minggu, 25 Agustus 2024

JAKARTA, KepoinAja79.Com – Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep dipastikan batal maju pada Pilkada 2024. Keputusan itu diambil setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait syarat pencalonan Kepala Daerah.

“Setelah keputusan MK, apapun hasil konsultasi KPU dan DPR RI minggu depan, saya memastikan Kaesang Pangarep tidak akan maju di Pilkada 2024,” kata Sekjen PSI, Raja Juli Antoni dalam keterangannya, Sabtu, 24 Agustus 2024.

Menurutnya, Kaesang akan taat pada konstitusi. Wacana Kaesang majub Pikgub Jakarta dan Jateng, kata dia, muncul karena keputusan Mahkamah Agung (MA).

Berikut pernyataan lengkap yang disampaikan Sekjen PSI, Raja Juli Antoni:

Setelah keputusan MK, apapun hasil konsultasi KPU dan DPR RI minggu depan, saya memastikan Kaesang Pangarep tidak akan maju di Pilkada 2024. Sebagai teman yang hampir tiap hari berinteraksi dengan Mas Kaesang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), saya tahu persis bahwa Mas Kaesang sangat taat konstitusi.

Kalau dilihat kembali ke belakang, rencana Mas Kaesang untuk maju di Pilkada Jakarta atau Jateng yang sering jadi pertanyaan kawan-kawan media, muncul karena ada kesempatan dan peluang dengan landasan konstitusional pasca keputusan Mahkamah Agung (MA).

Dan, perlu ditegaskan kembali judicial review ke MA tidak dilakukan oleh Mas Kaesang dan sama sekali tidak terkait dengan Ketua Umum kami.

Saya perlu jelasakan dinamika internal PSI. Sejak awal Mas Kaesang tidak berminat untuk maju di Pilkada 2024. Mas Kaesang sebenarnya lebih memilih untuk berkonsentrasi berbisnis dan mengurus keluarga terutama karena akan segera akan lahir anak pertama dan menemani istrinya, Mbak Erina Gudono, yang sekolah di salah satu kampus terbaik di AS.

Namun, membaca keputusan MA soal usia kandidat, internal PSI mendesak Mas Kaesang untuk mengambil ruang konstitusional itu dengan terlibat dalam kontestasi Pilkada 2024.

Sampai menjelang keberangkatannya ke Amerika Serikat, Mas Kaesang belum 100 persen memutuskan apakah akan mengambil kesempatan menjadi Cawagub di Jateng.

Pada saat bersamaan, komunikasi dengan KIM Plus terus terlaksana dan sampai hampir mengerucut kepada pencalonan Mas Kaesang menjadi Cawagub di Jateng. Beberapa partai, seperti Nasdem sudah mendeklarasikannya.

Meskipun belum  100 persen pasti (baik dari Mas Kaesang maupun aspirasi partai-partai di KIM Plus akan mengusung Mas Kaesang di Jateng) sebagai Sekjen Partai saya mengetahui bahwa salah seorang staf admistrasi kami berinisiatif membantu Mas Kaesang mengurus persyaratan administrasi Pilkada.

Jadi, sebelum keberangkatan Mas Kaesang ke Amerika Serikat mengantarkan istrinya kuliah, pada saat itu ada aspirasi dari PSI dan partai-partai KIM Plus sudah semakin mengerucut, ingin mendaulat Mas Kaesang sebagai Calon Wakil Gubernur di Jawa Tengah.

Point pentingnya, pengurusan persyaratan tersebut dilakukan sebelum keputusan MK. Semua proses administrasi itu dihentikan setelah keputusan MK. PSI taat konstitusi dan sepenuhnya mengikuti keputusan MK.

Demikian pernyataan ini saya sampaikan dan terima kasih.


(*/red)

Thanks for reading Kaesang Pangarep Dipastikan Batal Maju di Pilkada 2024, Ini Info Lengkapnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Kaesang Pangarep Dipastikan Batal Maju di Pilkada 2024, Ini Info Lengkapnya

Posting Komentar