Festival Desa Wisata Cikolelet 2024, Ajang Promosi Budaya Menjaga Kearifan Lokal

Rabu, Agustus 14, 2024
Rabu, 14 Agustus 2024

SERANG, KepoinAja79.Com – Festival Desa Wisata Cikolelet (FDWC), Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, kembali digelar pada Rabu 14 sampai 30 Agustus 2024. FDWC 2024 sebagai ajang mempromosikan desa-desa wisata, melestarikan budaya dan menjaga kearifan lokal.

FDWC yang digelar setiap tahun sejak tahun 2022 lalu dibuka oleh Plh Sekda Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto.

Turut hadir para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Bank bjb Banten, perwakilan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten dan ratusan masyarakat. 

Plh Sekda Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto mengatakan, FDWC 2024 dimulai hari ini sampai akhir Agustus 2024 mendatang untuk setiap hari setiap malamnya ada kegiatan-kegiatan untuk mengeksplore kreativitas masyarakat, nilai-nilai seni budaya masyarakat yang selama ini sudah menjadi bagian dari hidupnya masyarakat Desa Cikolelet. 

“Harapan kita ini menjadi tempat dimana masyarakat punya kesempatan untuk meningkatkan pendapatannya, yang disumbang dari berbagai macam aktivitas pariwisatanya. Tetapi jangan berhenti disini,” kata Rudy di sela meninjau Stand UMKM usai Opening Ceremony FDWC 2024.

Akan tetapi, kata Rudy, kegiatan masyarakat sehari-hari, apakah itu di kebun, di sawah atau mungkin kulinernya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Sebab menurutnya, model wisatawan saat ini berbeda, dimana sebagian besar wisatawan mencari hal-hal yang bersifat back to nature atau kembali ke alam.

“Jadi alam kita yang harus kita jual, potensi yang harus terjual secara alamiahnya sehingga itu merupakan bagian dari kehidupan masyarakatnya dan itu enggak gampang. Karena enggak gampang semua elemen masyarakat harus terlibat,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Cikolelet, Ojat Darojat mengatakan, FDWC 2024 merupakan kali ketiga sejak tahun 2022 dalam rangka melestarikan tradisi budaya dan menjaga kearifan lokal setempat.

Kemudian tidak kalah pentingnya adalah misinya melalui FDWC dalam rangka promosi Desa Wisata Cikolelet dan desa wisata lainnya di Kabupaten Serang.

“Itu tujuan intinya digelar kembali FDWC,” ujarnya. 

Ojat juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, terutama Bupati Ratu Tatu Chasanah, yang selalu mensuport desa-desa wisata di Kabupaten serang, salah satunya Desa Wisata Cikolelet. Dengan peran Bupati Serang membina dan mengarahkan agar kemudian desa-desanya berinovasi. 

“Alhamdulillah beberapa desa sekarang sudah menggeliat dan ada sekitar 33 desa wisata di Kabupaten Serang ini berkat dukungan dan peran beliau (Ratu Tatu Chasanah) dalam rangka membantu aksesibilitas dan infrastruktur lainnya  dalam rangka penunjang desa wisata,” ungkapnya.

Untuk diketahui, FDWC 2024 menampilkan kesenian dan tarian kolosal meliputi Tari Kokol dan Tatanen, Rampak Qosuah, Rudat, Bendrong Lesung, Pameran Ekraf/UMKM dan Parade Band dengan Bintang Tamu Roempoet Hijau. (*/red)

Thanks for reading Festival Desa Wisata Cikolelet 2024, Ajang Promosi Budaya Menjaga Kearifan Lokal | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Festival Desa Wisata Cikolelet 2024, Ajang Promosi Budaya Menjaga Kearifan Lokal

Posting Komentar