Kemenparekraf dan Tim Juri ADWI 2024 Tampak Terpesona saat Kunjungi Desa Wisata Kacida Cibuntu Padarincang

Selasa, Juli 16, 2024
Selasa, 16 Juli 2024

SERANG, KepoinAja79.Com – Wisata Kacida Cibuntu masuk 50 Desa Wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. ADWI 2024 diikuti sebanyak 6.016 Desa Wisata yang terdaftar dari seluruh Indonesia.

Direktur Insfrastruktur Ekonomis Kreatif Direktorat Insfrastruktur Ekonomis Kreatif Kemenparekraf RI, Oneng Setya Harini bersama Tim Dewan Juri ADWI 2024 Kemenparekraf, Ari S Suhandi dan Madeleina Sophie melakukan Visitasi dan Penilaian ADWI 2024 ke lokasi Wisata Kacida Cibuntu, Desa Padarincang, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, Selasa, 16 Juli 2024.

Direktur Insfrastruktur Ekonomis Kreatif Direktorat Insfrastruktur Ekonomis Kreatif Kemenparekraf RI, Oneng Setya Harini dan dewan juri mengaku terpesona dengan keindahan dan kesejukan Wisata Kacida Cibuntu Desa Padarincang yang masih asri. Oneng pun mengapresiasi semua pihak yang telah mengembangkan potensi alam yang ada. 

“Kesan saya, Desa Padarincang luar biasa. Kami melihat keindahan dari sebuah desa terkait dengan lingkungan yang memang masih sangat natural, masih asli. Ini jarang ada. Apalagi kami yang lama tinggal di pinggiran Jakarta tentu saja kami ke sini rasanya itu langsung adem,” ujarnya.

Akan tetapi, kata Oneng, dalam mengembangkan Desa Wisata tentu ada manajemen yang harus dikuatkan dan pihaknya melihat potensi alamnya sudah luar biasa yang memang sejalan dengan Kemenparekraf dalam rangka pengembangan pariwisata hijau. Kemudian juga terkait dengan budaya dan makanan khas setempat yang menurutnya menjadi bagian dari atraksi wisata di Desa Padarincang. 

“Sedangkan dari sisi ekonomi yang kreatif, yang saya pakai batik, kemudian juga tadi ada beberapa karya kreatif yang lainnya. Untuk kesenian ada pencak silat, seni tari juga musik, dan ada juga buaya putih. Itu nilai-niali tradisi yang perlu diangkat dan dikemas sebagai keunikan tersendiri,” katanya.

Oneng juga menilai untuk aksesnya cukup mudah dan sangat memadai tidak jauh dari perkotaan yang dianggap keberadaan Wisata Kacida Cibuntu Padarincang semuanya sudah baik. Meski masih dalam status desa wisata rintisan, tetapi ke depan dia meyakini akan terus berkembang dengan keseriusan Pemerintah Desa (Pemdes), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan semua stakeholder, baik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Serang, Akademisi dan lainnya. 

“Tahun 2024 masih rintisan, sehingga rasanya tidak sulit kalau kita bersama-sama untuk membangun Desa Wisata ini makin maju. Tahun 2025 akhir sudah berkembang, Tahun 2027 sudah maju, dan Tahun 2029 (Wisata Kacida Cibuntu Padarincang) sudah mandiri,” harap Oneng.

Dewan Juri ADWI 2024 Kemenparekraf RI, Ari S Suhandi mengatakan, Wisata Kacida Cibuntu Padarincang masuk 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2024 sudah dianggap menjadi juara. Sebab, 50 besar dari 6.016 Desa Wisata yang terdaftar dari seluruh Indonesia atau secara nasional.

“Mengenai nanti masuk juara 1, 2, dan 3, kita banyakin doa bersama-sama. Namun yang pasti, Wisata Kacida Cibuntu Padarincang potensinya ada untuk masuk juara 1, 2 dan 3,” ujarnya.

Adapun Menparekraf dan para Dewan Juri yang melakukan Visitasi dan Field Assasment pada Ajang ADWI Tahun 2024 dengan Tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia” akan menilai Desa Wisata dengan lima kategori, yaitu Daya Tarik Wisata, Amenitas, Digital, Kelembagaan dan SDM, serta Resiliensi.

“Untuk di Desa Padarincang ini sudah ada beberapa dari lima kategori itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan, pihaknya akan terus memberikan pembinaan, salah satunya penekanan terhadap pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM). Belum lama ini, kata Anas, pihaknya memberikan pelathan kepada para Barista yang tersebar di 29 Kecamatan se-Kabupaten Serang.

“Wisata Kacida Cibuntu Padarincang sangat berpotensi. Diharapkan ke depannya menjadi Desa Wisata unggulan di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Turut hadir sejumlah Kepala OPD Kabupaten Serang, sejumlah Camat, jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Padarincang, Pokdarwis Desa Padarincang, para Kelompok Tani (Poktan), dan ratusan tamu undangan. Turut hadir juga perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OKJ) DKI Jakarta dan Banten. (*/red)

Thanks for reading Kemenparekraf dan Tim Juri ADWI 2024 Tampak Terpesona saat Kunjungi Desa Wisata Kacida Cibuntu Padarincang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Kemenparekraf dan Tim Juri ADWI 2024 Tampak Terpesona saat Kunjungi Desa Wisata Kacida Cibuntu Padarincang

Posting Komentar