Jelang Penetapan DCT, Panwascam Bekasi Barat Ingatkan Parpol dan Caleg Tak Kampanye Sebelum 28 November 2023

Kamis, November 02, 2023
Kamis, 02 November 2023

 


BEKASI, KepoinAja79.Com – Panwaslu Kecamatan Bekasi Barat mengingatkan Partai Politik (Parpol) dan Calon Legislatif (Caleg), tak melakukan kampanye sebelum memasuki masa kampanye Pemilu 2024.

Hal itu terkait dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPR, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten Kota pada 4 November 2023. 

“Kampanye Pemilu 2024 dilaksanakan 25 hari setelah ditetapkan DCT anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten Kota untuk Pemilu anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD sampai dengan dimulainya masa tenang,” kata Ketua Panwaslu Kecamatan Bekasi Barat, Imam Suharyadi.

Untuk itu, berdasarkan PKPU 20/2023 jadwal dan tahapan kampanye Pemilu akan dimulai pada tanggal 28 November 2023.

“Bawaslu mengimbau Parpol memperhatikan bahwa terhitung mulai tanggal 4 November sampai dengan 27 November 2023 merupakan waktu dilarang kampanye,” ujar Imam.

Dengan demikian, dia menegaskan, peserta Pemilu diimbau untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur kampanye Pemilu dan ajakan untuk memilih sebelum jadwal dan tahapan kampanye Pemilu dimulai.

Hal itu, kata Imam, baik dalam bentuk pertemuan warga, penyebaran Bahan Kampanye (BK) seperti selebaran, brosur, pamflet, dan sebagainya maupun penyebaran Alat Peraga Kampanye (APK) dan media sosial, maupun aktivitas lainnya yang terdapat unsur ajakan.

Imam menambahkan, jika terdapat dugaan pelanggaran Pemilu yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur kampanye Pemilu, Bawaslu tak segan untuk menindak secara tegas.

“Pemilu tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujarnya. (*/red)

Thanks for reading Jelang Penetapan DCT, Panwascam Bekasi Barat Ingatkan Parpol dan Caleg Tak Kampanye Sebelum 28 November 2023 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Jelang Penetapan DCT, Panwascam Bekasi Barat Ingatkan Parpol dan Caleg Tak Kampanye Sebelum 28 November 2023

Posting Komentar