Ketua Satgas Kabupaten Serang Adakan acara Pengurutan Rutin Tahunan

Minggu, Oktober 08, 2023
Minggu, 08 Oktober 2023


Serang, KepoinAja79.Com - Setiap tahun pada bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, para kesepuhan, para ulama dan para jawara khususnya mengadakan kegiatan ritual tahunan Keceran (Pengurutan) yang biasa dilakukan oleh para tetua terdahulu. Sabtu (08/10/2023).

Selaku ketua Satgas Tari Tjimande Tari Kolot Kebun Djeruk Hilir (TTKKDH) Kabupaten Serang Tb. Marzuki yang telah melaksanakan kegiatan sakral tersebut di kediamannya, di Komplek Mina Bhakti RT.04 RW 14 Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Turut hadir pada acara tersebut beberapa kasepuhan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang ada di Kota Serang khususnya.

Wakil ketua DPC Kota Serang pun hadir dalam acara sakral ini. Tidak kalah sat set pula keceran atau pengurutan inipun dihadiri oleh para Ketua Rukun tetangga (RT) serta para ketua rukun warga (RW) khususnya yang ada dilingkungan Kecamatan kasemen.

“Adapun untuk syarat dalam acara keceran (pengurutan) ini, kita tidak sembarang dalam melaksanakannya. Minyak Tjimande Daun sirih ataupun berbagai sajian air putih dan kopi pahit untuk kita cicipi bersama ini ada satu makna dalam satu pertalekan,” Ucap Marzuki.

Diketahui, pada acara keceran iapun memberikan sedikit masukan untuk para saudara yang satu pertakelan untuk selalu menjaga nama baik leluhur agar selalu bisa menjaga satu sama lain.

“Silih asah, silih asih, silih asuh, itu satu nasehat yang harus selalu jaga dan kita rawat,” ungkapnya.

Makna dan tujuan dari pengurutan atau keceran ini adalah untuk menstabilkan urat syaraf yang tegang menjadi kendor dan makna dari tetesan air suruh adalah untuk menjernihkan mata agar kembali bersih.

Di tahun politik seperti sekarang ini ia meminta, agar tetap menjaga kondusifitas agar dapat mengikuti pemilihan umum dengan tenang dan penuh rasa demokrasi dalam menentukan pilihannya.

“Dengan rasa kekeluargaan sepertalekan, siapapun pilihan kita yang terpenting kita harus selalu menjaga keutuhan NKRI dengan rasa penuh tanggung jawab. Satu Talek Satu Tekad Satu Tujuan. Wes Wes Saiki Wayahe Sat Set,” Tutupnya sambil tersenyum.

(*)

Thanks for reading Ketua Satgas Kabupaten Serang Adakan acara Pengurutan Rutin Tahunan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Ketua Satgas Kabupaten Serang Adakan acara Pengurutan Rutin Tahunan

Posting Komentar