Kades Berlatar Belakang Jurnalis Ini Mampu Wujudkan Desa Maju Dalam Tempo Singkat

Sabtu, Juli 29, 2023
Sabtu, 29 Juli 2023

 


LEBAK, KepoinAja79.com - Kepala Desa (Kades) atau biasa disebut Jaro bernama Rafik Rahmat Taufik di wiayah Banten Selatan, tepatnya Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, dinilai mampu mendongkrak performa Desa Bayah Timur menjadi berstatus Desa Maju.

Jaro yang berlatar belakang Jurnalis ini awalnya kurang percaya diri dalam mengikuti kontetasi Pilkades di desanya akibat minim modal, sedangkan lawannya cukup bermodal. Sehingga bermodal pengalaman panjang di dunia kewartawanan menjadi spirit meyakinkan masyarakat dalam sosialisasi visi misi, dan program strategis.

Pria yang dikenal sebagai Jaro Ajaib itu menjelaskan, setelah dilantik awal tahun 2022 dirinya bersama perangkat desa langsung merencanakan program strategis. Setelah itu, tak membutuhkan waktu lama, Rafik dengan modal pengalamannya mampu melaksanakan berbagai program yang telah dicanangkan.

Mulai dari peningkatan sarana dan pra sarana umum, meningkatkan PADes melalui Bumdes, aktivasi objek wisata dan lain-lain, hingga menjemput bola baik ke Kementerian maupun Pemprov Banten. Jika ditotal serapan program yang telah diterima Desanya hingga mencapai Rp.11 miliar dalam kurun waktu satu tahun lebih.

Hingga menyandang status Desa Maju yang diraih Desa Bayah Timur ini berdasarkan Indeks Desa Membangun atau IDM Kementerian Desa pada tahun 2023.

Ada tiga perangkat indikator yang dikembangkan dalam IDM berdasarkan tiga indikator pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi.

“Alhamdulillah berdasarkan IDM Tahun 2023, Desa Bayah Timur naik dari Desa Berkembang menjadi Desa Maju,” ujar Rafik Rahmat Taufik kepada awak media, Sabtu, 26 Juli 2023.

Rafik menjelaskan, kenaikan status dari Desa Berkembang menjadi Desa Maju berkat kesolidan dan kerja keras semua jajaran yang ada di desa.

“Tentunya, kekompakan masyarakatnya pun turut berkontribusi dalam meningkatnya status Desa. Semoga amanah ini menjadi motivasi, untuk lebih baik lagi dalam memaksimalkan pembangunan yang ada di Desa Bayah Timur,” tuturnya. (*/red)

Thanks for reading Kades Berlatar Belakang Jurnalis Ini Mampu Wujudkan Desa Maju Dalam Tempo Singkat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Kades Berlatar Belakang Jurnalis Ini Mampu Wujudkan Desa Maju Dalam Tempo Singkat

Posting Komentar