Hadiri Ultah ke-72 IBI, Pj Gubernur Al Muktabar Titipkan Kesehatan Masyarakat

Sabtu, Juli 15, 2023
Sabtu, 15 Juli 2023

 


SERANG, KepoinAja79.Com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar menitipkan pelayanan kesehatan masyarakat kepada para bidan di Provinsi Banten.

“Profesi Bidan menuntut terus berada dalam lingkungan masyarakat. Saya minta para Bidan terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat,” kata Al Muktabar dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tingkat Provinsi Banten di Sekretariat Provinsi Banten, Kota Serang, Sabtu, 15 Juli 2023.

Al Muktabar mengatakan, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) sudah meluncurkan program Indonesia Emas Tahun 2025 - 2045. Program tersebut dalam rangka menyambut bonus demografi Indonesia, dimana usia produktif lebih banyak dari usia tua.

“Bonus demografi tersebut, harus dipersiapkan kualitas sumber daya manusia dengan baik,” kata Al Muktabar.

Al Muktabar menegaskan, Bidan merupakan profesi yang berhubungan langsung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya dalam bidang kesehatan.

Menurutnya, Bidan merupakan profesi yang dapat membantu persiapan kualitas SDM sejak dalam kandungan, kelahiran hingga  pengasuhan pada masa anak-anak.

Untuk itu, lanjutnya, pada usia 72 tahun IBI, dirinya meminta para Bidan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Peningkatan SDM untuk mencapai Indonesia unggul dalam tataran global,” tuturnya.

Al Muktabar menjelaskan, tidak sedikit negara-negara di dunia yang tidak memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA). Namun, mereka memiliki kualitas SDM tinggi, sehingga memiliki kesejahteraan masyarakat yang tinggi.

“Indonesia memiliki segalanya. SDA di Indonesia melimpah. Untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, kita harus bersama-sama meningkatkan kualitas SDM,” tambahnya.

Selain itu, dalam rangka menurunkan angka stunting di Provinsi Banten, Al Muktabar meminta para Bidan terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan pola pengasuhan anak yang baik.

“Alhamdulillah, angka stunting di Provinsi Banten pada tahun lalu berhasil menurun lebih dari 4 persen. Para Bidan diharapkan lebih meningkatkan peran pentingnya dalam penanganan stunting dengan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat,” tambahnya.

Puncak peringatan HUT IBI ke-72 dilaksanakan secara hybrid, offline dan online oleh pengurus IBI Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten. Peserta yang terlibat sekitar 5.200 orang.

Menanggapi arahan Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, Ketua IBI Provinsi Banten, Yani Purwasih mengatakan, pihaknya terus memberikan arahan kepada sekitar 10.500 anggota IBI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Menurutnya, IBI selalu melakukan rapat-rapat koordinasi tentang tantangan pelayanan kesehatan.

Selain itu, kata dia, dalam setiap kesempatan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

“Setiap anggota, selalu memberikan edukasi kesehatan dalam setiap kesempatan pertemuan dengan masyarakat,” katanya. (*/red)

Thanks for reading Hadiri Ultah ke-72 IBI, Pj Gubernur Al Muktabar Titipkan Kesehatan Masyarakat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Hadiri Ultah ke-72 IBI, Pj Gubernur Al Muktabar Titipkan Kesehatan Masyarakat

Posting Komentar