Andika Hazrumy Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Utama di Harkopnas 2023

Minggu, Juli 23, 2023
Minggu, 23 Juli 2023

 


PADANG, KepoinAja79.Com – Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Banten Periode 2017-2022, Andika Hazrumy meraih penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Penghargaan yang diberikan atas kepedulian Andika terhadap pembangunan Koperasi di Provinsi Banten itu diberikan pada acara puncak Hari Koperasi tingkat Nasional 2023 yang digelar di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu 23 Juli 2024.

Andika dinilai berperan terhadap pembangunan koperasi di Provinsi Banten sejak dalam kapasitasnya sebagai Ketua Divisi Pemberdayaan Pemuda Dekopin Wilayah Banten 2010-2015, Anggota Dewan Pakar Dekopin Wilayah Banten 2015-2020 hingga saat ini sebagai Penasehat Dekopin Wilayah Banten 2020 – 2025.

“Penghargaan ini saya kira apresiasi untuk kita semua di Banten yang selama ini concern dengan pembangunan koperasi,” kata Andika saat dihubungi melalui ponselnya.

Andika mengulas, peran Koperasi di Banten saat dirinya menjabat Wagub di antaranya sangat terasa dalam upaya pertumbuhan ekonomi di masa pandemic Covid-19 beberapa tahun lalu. Saat itu laju pertumbuhan ekonomi Banten terkontraksi minus hingga 7 persen.

Menyikapi itu, Pemprov Banten di antaranya concern melakukan upaya pertumbuhan ekonomi melalui mendukung tumbuh kembang dan bertahannya koperasi.

Secara khusus, lanjutnya, saat itu dirinya bahkan meminta Dekopin Wilayah Banten yang diketuai Ratu Tatu Chasanah yang juga Bupati Serang, untuk dapat turut menggerakkan perkonomian yang terdampak pandemi Covid-19 sejauh ini.

“Pemprov sendiri tentu saat itu berkomitmen untuk mensupport program-program Dekopin melalui program-program di dinas terkait,” imbuhnya.

Pemprov Banten sendiri, kata Andika, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022 memiliki program pengembangan kelembagaan dan pengawasan koperasi.

Berikutnya program peningkatan kualitas usaha dan pemberdayaan koperasi dengan target capaian sebesar 6 persen Koperasi yang bankable dan program pelatihan SDM Koperasi.

Di tengah pandemi Covid-19 saat itu, lanjut Andika, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Koperasi  dan UMKM Provinsi Banten memberikan bantuan modal/ hibah bagi Koperasi dan Pelaku UKM yang bersumber dari Dana Tidak Terduga Pemerintah Provinsi Banten. "Selain itu, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten memfasilitasi bantuan bagi Koperasi dan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) dalam rangka  pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang besumber dari dana APBN," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemprov Banten melalui Dinas Koperasi dan UMKM saat itu menyelenggarakan kegiatan pelatihan-pelatihan tata kelola dan pemanfaatan teknologi informasi. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten juga memfasilitasi Non Performing Loan (kredit bermasalah) bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) terkait rescheduling.

Untuk diketahui, penghargaan kepada para Tokoh Penggerak Koperasi baik dari tingkat Utama sepetti yang diterima Andika, maupun untuk tingkat madya yang diterima para kepala daerah tingkat kabupaten/kota, diserahkan Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sementara itu, Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid mengatakan, dirinya memberikan apresiasi khusus terhadap penyelenggaraan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 yang dipusatkan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Beberapa rangkaian Harkopnas digelar, salah satunya adalah Jalan Sehat yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jl. Sudirman Kota Padang, yang diikuti juga oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi bersama dan Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim selaku penyelenggara. (*/red)

Thanks for reading Andika Hazrumy Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Utama di Harkopnas 2023 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Andika Hazrumy Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Utama di Harkopnas 2023

Posting Komentar