Gelar Fun Football Liga, ADEM Banten: Merajut Keberagaman dan Merawat Kebhinekaan

Minggu, Mei 21, 2023
Minggu, 21 Mei 2023

SERANG, KepoinAja79.Com – Dalam rangka merajut keberagaman dan merawat kebhinekaan, Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Provinsi Banten, menyelenggarakan kegiatan Fun Football Liga Adem Banten yang diikuti oleh pelajar ADEM dan pelajar lokal Provinsi Banten guna mempererat persaudaraan dan menjalin silahturahmi. 

Pendamping Program ADEM, Sri Ngatun mengatakan, kegiatan ini dalam rangka merawat kebhinekaan untuk Indonesia, khususnya pelajar yang ada di ADEM Banten.

“Kegiatan Fun Football Liga Adem Banten ini diikuti oleh pelajar-pelajar Papua yang tengah menimba ilmu di Serang dan Cilegon dan juga pelajar lokal asli Banten,” ujarnya saat ditemui di lapangan Minisoccer, Kramatwatu, Sabtu, 20 Mei 2023. 

Menurutnya, para pelajar yang bertanding, baik pelajar lokal Banten maupun pelajar Papua yang tengah menuntut ilmu di Banten tampak antusias dan senang mengikuti kegiatan tersebut. 

Ia menjelaskan pada ajang sepak bola ADEM Banten itu, pihaknya membagi empat regu. Dari empat klub itu akan mendapatkan tropi dan juga uang pembinaan.

“Klub kita buat empat tim, di antaranya A, B, C, dan D. Sedangkan untuk tim yang nantinya keluar sebagai juara akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan,” katanya. 

Sri Ngatun juga mengatakan, kegiatan ADEM Banten ini sering dilakukan. Kendati demikian, Ia perlu menyesuaikan jadwal. Karena belum mendapatkan jadwal yang singkron. Untuk itu, pihaknya ke depan akan melakukan kegiatan seperti ini lagi. 

“Lebih dari satu kali kegiatan ini, Cuma tadi itu butuh agenda persisnya karena jadwal belum tersusun dengan rapih. Bahkan nanti kita akan mencari waktu yang luang, dan Insya Allah kita akan berlanjut kegiatan ini,” tuturnya. 

Adapun untuk Pelajar Papua yang ada di Banten sangatlah banyak, bahkan dalam data yang Ia himpun ada sekitar ratusan pelajar Papua yang belajar di Banten. 


“Di Banten pelajar Papua kurang lebih 192, untuk kelas 10 dan kelas 11 SMA. Sedangkan kelas 10 itu ada 76, dan kelas 11 ada 67,” ucapnya. 

Sementara itu, pendamping ADEM Banten, Gustap mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Banten yang telah turut membantu dan mensupport kegiatan ADEM Banten.

Karena, kata dia, tanpa Polda Banten mungkin tidak akan terselenggara kegiatan Fun Soccer Liga Adem Banten ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Banten yang telah berupaya mengadakan kegiatan ini. Kami selaku pendampingan kesiswaan merasa bersyukur karena semenjak beberapa tahun kebelakangan ini udah enggak ada kegiatan ditambah lagi pandemi,” katanya. 

“Hari ini kita berhasil mengumpulkan teman-teman siswa induk kami dalam rangka persahabatan dengan seluruh siswa Papua dan siswa yang berada di wilayah Provinsi Banten,” tambahnya. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Banten yang telah membantu mensukseskan kegiatan ADEM Banten. Hal tersebut karena ADEM Banten ini melakukan kegiatan hanya proses belajar dan keagamaan, pada Soccer Fun ini merupakan kegiatan menjadi perdana.

“Event ini menjadi perwakilan di Kota Cilegon. Jadi dari siswa di Serang dan luar Serang event ini digelar di Kota Cilegon. Kami sangat berterimakasih hari ini anak-anak senang, dan biasanya dia belajar, hari ini mereka senang dan mengeluarkan keringat dan riang gembira,” ucapnya. 

Kalau untuk kegiatan lokal, kata dia, mereka hanya belajar, olahraga dan keagamaan. Mereka berkumpul bersama, baik dengan siswa ADEM maupun siswa lokal, juga berkumpul dengan masyarakat.

“Tapi kalau untuk futsal atau sepakbola (minisoccer) ini baru pertama kali di tahun 2023 ini,” tambahnya. (*/red)

Thanks for reading Gelar Fun Football Liga, ADEM Banten: Merajut Keberagaman dan Merawat Kebhinekaan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Gelar Fun Football Liga, ADEM Banten: Merajut Keberagaman dan Merawat Kebhinekaan

Posting Komentar